KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: EKONOMI
Sekolah : MA NW Narmada
Kelas : X
Semester : I (SATU)
KKM : EKONOMI
Kompetensi Dasar
dan Indikator
|
Standar Kriteria Ketuntasan Minimal
|
|||||||
Kriteria
Penetapan Ketuntasan
|
Hasil
KKM
|
Nilai
KKM %
|
||||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
Pengetahuan
|
Sikap/Afektif
|
Jumlah
|
|||
STANDAR KOMPETENSI
1.
Memahami permasala han ekonomi dalam
kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
|
|
|||||||
1.1.
Mengidentifikasi
kebutuhan manusia
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan
pengengertian kebutuhan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mengidentifikasi
bermacam-macam kebutuhan manusia.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2.
Mendeskripsikan
ber- bagai sumber ekonomi yang langka dan kebu- tuhan manusia yang tidak
terbatas
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan
pengertian kelangkaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab kelangkaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mengidentifikasi
pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3.
Mengidentifikasi
masa- lah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang
diproduksi
|
|
|||||||
§ Mengidentifikasi
barang apa, bagai- mana cara mempro- duksi dan untuk siapa barang diproduksi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4. Mengidentifikasi hilangnya kesempatan
pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan
pengertian biaya peluang.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Menunjukan
contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang
lain.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.5.
Mengidentifikasi
sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan
pengertian sistem ekonomi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mengidentifikasi
sistem ekonomi dan cara memecahkan
masalah ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 5 KD
|
|
|
||||||
KKM ( Ekonomi SK 1)
|
|
|||||||
STANDAR KOMPETENSI
2.
Memahami
konsep ekonomi dalam kaitan- nya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan
produsen
|
|
|||||||
2.1. Mendeskripsikan pola perilaku konsumen
dan produsen dalam kegiatan ekonomi
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan
manfaat dan nilai suatu barang.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mendeskripsikan
perilaku konsumen dan produsen
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mendeskripsikan
teori perilaku konsumen (tabel dan grafik)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mendeskripsikan
teori perilaku produsen (tabel dan grafik)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2.
Mendeskripsikan
Circulair Flow Diagram
|
|
|||||||
§ Membuat
model diag- ram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mengidentifikasi man faat diagram interaksi pelaku ekonomi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3.
Mendeskripsikan
peran konsumen dan produsen
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan
peran pelaku ekonomi (rumah tangga
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Memberi
contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 3 KD
|
|
|
||||||
KKM ( Ekonomi SK 2)
|
|
|||||||
STANDAR KOMPETENSI
3.
Memahami
konsep ekonomi dalam kaitan- nya dengan perminta- an, penawaran, harga keseimbangan,
dan pasar
|
|
|||||||
3.1. Mengidentifikasi fak -tor-faktor yang mempe ngaruhi
permintaan dan penawaran
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan
pengertian permintaan dan penawaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mendeskripsikan
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Menggambar
kurva permintaan dan penawaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2. Menjelaskan hukum permintaan dan hukum
penawaran serta asum si yang mendasarinya
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan
hu- kum permintaan dan hukum penawaran
ser ta asumsi-asumsinya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Memberikan
contoh penerapan hukum per- mintaan dan penawar- an dalam kehidupan di
masyarakat.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3. Mendeskripsikan pengertian harga dan
jumlah keseimbangan
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan
proses terbentuknya harga dan output dalam keadaan keseimbangan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mendeskripsikan
pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Menghitung
elastisitas permintaan dan penawaran
dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mendeskripsikan
pros- es terbentuknya harga dan output keseimba- ngan dan menggam- barkan
grafiknya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Menghitung
harga dan output dalam keadaan keseimbangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4.
Mendeskripsikan
berbagai bentuk pasar barang
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan
berbagai bentuk pasar output (pasar persaing an sempurna dan pasar persaingan
tidak sempurna).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.5. Mendeskripsikan pasar input
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan
berbagai bentuk pasar input
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 5 KD
|
|
|
||||||
KKM ( Ekonomi SK 3)
|
|
|||||||
STANDAR KOMPETENSI
4.
Memahami
kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi
|
|
|||||||
4.1.
Mendeskripsikan
pengertian ekonomi mikro dan ekonomi makro
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mendeskripsikan
perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Memberi
contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro (misal usaha industri kecil) dan
ekonomi makro (misal inflasi, pendapatan nasional dll)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2. Mendeskripsikan masalah-masalah yang
dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
|
|
|||||||
§ Mengidentifikasi
Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
(kemiskinan,pemerataan pendapatan).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mencari
pemecahan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 2 KD
|
|
|
||||||
KKM ( Ekonomi SK 4)
|
|
|||||||
Narmada,............... 2012
Mengetahui
Kepala MA
NW Narmada Guru Mata Pelajaran
H. Khairi
Habibullah, S.Ag Baharuddin,
SE
NIP. NIP.
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: EKONOMI
Sekolah : MA NW Narmada
Kelas : X
Semester : II (DUA)
KKM : EKONOMI
Kompetensi Dasar dan Indikator
|
Standar Kriteria Ketuntasan Minimal
|
|||||||||
Kriteria
Penetapan Ketuntasan
|
Hasil
KKM
|
Nilai
KKM %
|
||||||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
Pengetahuan
|
Sikap/Afektif
|
Jumlah
|
|||||
STANDAR KOMPETENSI
5.
Memahami Produk Domestik Bruto (PDB),
Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB),
Pendapatan Nasional (PN)
|
|
|||||||||
5.1. Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN
|
|
|||||||||
§ Mendeskripsikan
konsep PDB, PNB, PNN, PI, pendapatan disposibel (disposible income)
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Menghitung pendapatan per kapita.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
5.2.
Menjelaskan
manfaat perhitungan pendapatan nasional
|
|
|||||||||
§ Mengidentifikasi
manfaat perhitungan pendapatan nasional
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Menghitung
pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Membedakan
metode perhitungan pendapatan
nasional dengan pendekatan pendapatan, produksi dan pengeluaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
5.3. Membandingkan PDB dan pendapatan
perkapita Indonesia
dengan negara lain
|
|
|||||||||
§ Membandingkan
PDB dan pendapatan perkapita Indonesia
dengan negara lain
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
5.4. Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi
|
|
|||||||||
§ Mendeskripsikan
pengertian inflasi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Mengidentifikasi
sebab-sebab timbulnya inflasi dan cara mengatasinya
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Mengumpulkan
informasi terhadap pegawai negeri dan swasta untuk mengetahui dampak inflasi
.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Mendeskripsikan
indeks harga konsumen dan produsen
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Menghitung
inflasi dengan indeks harga produsen dan konsumen.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Jumlah 4 KD
|
|
|
||||||||
KKM ( Ekonomi SK 5)
|
|
|||||||||
STANDAR KOMPETENSI
6.
Memahami
konsumsi dan investasi
|
|
|||||||||
6.1. Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan
fungsi tabungan
|
|
|||||||||
§ Menggunakan
fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Menggunakan
fungsi tabungan dan cara menggambarkannya
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
6.2.
Mendeskripsikan
kurva permintaan investasi
|
|
|||||||||
§ Memberi
contoh beberapa penggunaan fungsi matematis dan statistik dalam analisis ekonomi
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Jumlah 2 KD
|
|
|
||||||||
KKM ( Ekonomi SK 6)
|
|
|||||||||
STANDAR KOMPETENSI
7.
Memahami
uang dan perbankan
|
|
|||||||||
7.1. Menjelaskan konsep permintaan dan
penawaran uang
|
|
|||||||||
§ Mendeskripsikan
pengertian permintaan dan penawaran uang
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
7.2.
Membedakan
peran bank umum dan bank sentral
|
|
|||||||||
§ Menguraikan
fungsi bank sentral, bank umum, bank syariah dan bank perkreditan rakyat.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Mengidentifikasi
cara-cara memanfaatkan produk bank
dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Mendeskripsikan
konsep kredit.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Menguraikan
persyaratan yang harus dimiliki calon penerima kredit ( 5 C).
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
7.3. Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di
bidang moneter
|
|
|||||||||
§ Menentukan
pengaruh jumlah uang beredar terhadap tingkat harga
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Mendeskripsikan
kebijakan moneter
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Jumlah 2 KD
|
|
|
||||||||
KKM ( Ekonomi SK 4)
|
|
|||||||||
KM EKONOMI KELAS X
|
||
NO
|
KKM EKONOMI
|
KKM
|
1
|
EKONOMI SK 1
|
|
2
|
EKONOMI SK 2
|
|
3
|
EKONOMI SK 3
|
|
4
|
EKONOMI SK 4
|
|
5
|
EKONOMI SK 5
|
|
6
|
EKONOMI SK 6
|
|
7
|
EKONOMI SK 7
|
|
Jumlah
|
|
|
Total KKM EKONOMI Kelas X
|
|
Narmada,............... 2012
Mengetahui
Kepala MA
NW Narmada Guru Mata Pelajaran
H. Khairi
Habibullah, S.Agg Baharuddin,
SE
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar